Kamis, 22 Desember 2011 di 07.42 |  

Lesson : Pendidikan Agama Islam
PENGERTIAN  PENDIDIKAN KARAKTER
Dosen : Muhammad Natsir
Pengertian karakter menurut Hasanah 2009 :
- Hasanah merumuskan beberapa bentuk karakter yang harus ada dalam setiap individu bangsa Indonesia diantaranya ; cinta kepada Allah dan alam semesta beserta isinya , tanggung jawab , disiplin dan mandiri , jujur, karakter yang harus ada dalam setiap individu bangsa Indonesia diantaranya ; cinta kepada Allah dan alam semesta beserta isinya , tanggung jawab , disiplin dan mandiri , jujur , hormat dan santun , kasih sayang , peduli , dan kerja sama , percaya diri , kreatif , kerja keras dan pantang menyerah , keadilan dan kepemimpinan , baik dan rendah hati , toleransi , cinta damai dan persatuan .
Pengantar Karakter Menurut  Megawangi (2010) Ada 2 yaitu :- Istilah ini lebih fokus pada tindakan atau tingkah laku . Mengutip Mengutip dari Wynne bahwa ada dua pengertian tentang karakter .
Pertama , ia menunjukkan bagaimana seseorang bertingkah laku Apabila seseorang berperilaku tidak jujur , kejam , atau rakus , tentulah orang tersebut memanifestasikan perilaku buruk . Sebaliknya , apabila seseorang berperilaku jujur , suka menolong , tentulah orang tersebut memanifestasikan karakter mulia,
Kedua , istilah karakter erat kaitannya dengan ‘personality’ . Seseorang  baru bisa disebut ‘ orang yang berkarakter ’ (a person of character) apabila tingkah lakunya sesuai kaidah moral.”
- Pengantar Karakter Menurut Yudi Latifr (2009) :
pendidikan karakter adalah suatu payung istilah yang menjelaskan berbagai aspek pengajaran dan pembelajaran bagi perkembangan personal.
Beberapa di bawah payung meliputi “ penalaran moral/ pengembangan kognitif ; pembelajaran sosial dan emosional , pendidikan kebijakan moral, pendidikan keterampilan hidup , pendidikan kesehatan , pencegahan kekerasan , resolusi konflik dan filsafat etik moral.
Azyumardi Azra(2002) memberikan pengertian bahwa“ pendidikan ” adalah merupakansuatu proses di mana suatu bangsamempersiapkan generasi mudanyauntuk menjalankan kehidupan danuntuk memenuhi tujuan hidup secaraefektif dan efisien
Diposting oleh Muhammad Akbar Fadillah

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates